RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK ISLAM ANNUR LOSARI
Mata
Pelajaran : Produktif Akuntansi
Kelas/Semester :
XI / I
Pertemuan
Ke : 1 dan 2
Standar
Kompetensi : Mengelola kartu persediaan
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendiskripsikan pengelolaan kartu persediaan
Indikator : 1. Pengertian persediaan barang diidentifikasi
2. Jenis-jenis persediaan diidentifikasi
3. Peralatan dan
perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaan kartu persediaan diverifikasi
4. Prosedur
pengelolaan persediaan barang diidentifikasi
Alokasi
Waktu : 4 x 45 Menit ( 2x Pertemuan)
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa mengkaji dan menganalisis dari berbagai
sumber siswa mampu :
- Mengidentifikasi pengertian persediaan barang.
- Mengidentifikasi jenis-jenis persediaan
- Mengidentifikasi peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaan kartu persediaan
- Mengidentifikasi prosedur persediaan barang.
II. Materi Ajar
- Pengertian persediaan barang
Barang dagang merupakan barang yang disediakan untuk dijual.
Penyediaan barang dagang dilakukan melalui pembelian, artinya barang yang
dibeli disimpan sementara kemudian dijual tanpa membuat perubahan. Bias juga
penyediaan barang dagang melalui proses produksi yang dimulai dari pembelian
bahan baku, diolah menjadi produk yang siap dijual. Hal ini biasanya dilakukan
oleh perusahaan manufaktur(pabrik).
- Jenis-jenis persediaan barang :
-
Persediaan bahan baku adalah bahan-bahan yang akan
diproses menjadi barang jadi
-
Persediaan barang dalam proses adalah bahan-bahan yang
telah diproses tetapi belum selesai.
-
Persediaan barang jadi adalah barang yang telah selesai
diproses dan siap untuk dipasarkan.
- Peralatan yang dibutuhkan untuk mengelola persediaan barang dagangan antara lain:
-
Satu unit computer berbasis Microsoft windows
terinstall software computer akuntansi.
-
Satu unit printer dot matrix, ink jet, atau laser jet
-
Kalkulator meja atau kalkulator saku
-
Steples
-
Lemari arsip
-
Kertas
-
ATK
-
Buku transaksi
keuangan
-
Buku jurnal pembelian
-
Buku jurnal penjualan
-
Buku jurnal pengeluaran kas
-
Buku jurnal penerimaan kas
-
Buku jurnal umum, dan
-
Kartu persediaan.
- Prosedur pengelolaan persediaan barang dagang
Dalam perusahaan dagang, sebagian besar kekayaan perusahaan
tertanam dalam bentuk persediaan barang dagang. Oleh karena itu, diperlukan
system pengelolaan yang baik. Prosedur pengelolaan persediaan barang dimulai
dari penerimaan (pembelian), penyimpanan barang(bagian gudang) dan
pengeluaran(penjualan).
III. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1 dan ke-2
1.
Pra kegiatan (10menit)
-
Salam dan presensi
-
Apersepsi materi tentang mengelola dokumen dana kas
bank
-
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik,
maka peserta didik diharapkan memahami dan mampu mendeskripsikan pengelolaan kartu
persediaan.
2.
Kegiatan Inti (70menit)
Dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi ini,
guru melakukan:
a.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru akan:
1)
Memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru
mengenai pengertian persediaan barang, jenis-jenis persediaan, peralatan dan
perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaankartu persediaan dan prosedur
pengelolaan persediaan barang.
2)
Mendiskusikan materi bersama siswa tentang pengertian
persediaan barang, jenis-jenis persediaan, peralatan dan perlengkapan yang
dibutuhkan untuk pengelolaankartu persediaan dan prosedur pengelolaan
persediaan barang.
3)
Memberikan kesempatan pada siswa untuk mencari
informasi tentang pengertian persediaan barang, jenis-jenis persediaan,
peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaankartu persediaan
dan prosedur pengelolaan persediaan barang, misal perpustakaan dan internet.
4)
Memfasilitasi peserta didik untuk mencari alat dan
bahan yang berhubungan dengan pengelolaan persediaan.
b.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
1)
Membiasakan peserta didik untuk mempraktekan
pengelolaan persedian..
2)
Memfasilitasi peserta didik dengan pemberian tugas tentang
pengelolaan kartu persediaan.
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1)
Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberikan
pujian bagi yang telah memahami materi dan memotivasi untuk lebih giat belajar
bagi yang masih tertinggal.
2)
Memberikan penilaian pada hasil pekerjaan yang sudah
diselesaikan oleh peserta didik
3.
Kegiatan akhir (10 menit)
a.
Kesimpulan :
Membuat ringkasan dari materi yang telah diajarkan
b.
Tugas Mandiri :
Siswa mempelajari materi pertemuan berikutnya.
c.
Mengadakan evaluasi secara lisan tentang materi yang
telah dipelajari.
V. Alat/Bahan/Sumber belajar
A. Media :
Papan tulis, spidol, penghapus, computer, dan power point pembelajaran.
B.
Sumber Belajar :
1.
Sucipto Toto dan Moelyati dan Sumardi, 2009,
Akuntansi 2, Yudistira, Jakarta.
2.
Somantri Hendi,
2006, Memahami Akuntansi SMK seri B, Armico, Bandung.
3.
Harti Dwi, 2009, Modul Akuntansi 2A, Erlangga, Jakarta.
VI. Penilaian
-
Teknik : Tes tertulis
-
Bentuk instrument : essay
A.
Soal KD 1.1
Essay
1.
Apakah yang dimaksud dengan persediaan barang dagangan?
2.
Sebutkan jenis-jenis persediaan!
3.
Jelaskan prosedur pengelolaan persediaan barang dangan!
4.
Bukti pencatatan pembelian barang dagang berdasarkan?
5.
Bukti pencatatan penjualan barang berdasarkan?
B.
Kunci Jawaban
Essay
1.
Persediaan barang dagangan adalah barang yang dibeli
untuk disimpan sementara kemudian dijual tanpa membuat perubahan.
2.
Jenis-jenis persediaan barang yaitu :
-
Persediaan barang dagang
-
Persediaan barang jadi
-
Persediaan barang dalam proses
-
Persediaan bahan baku
3.
Prosedur pengelolaan persediaan barang dagang dimulai
dari penerimaan (pembelian), penyimpanan barang (bagian gudang) dan pengeluaran
(penjualan).
4.
Bukti pencatatan pembelian barang dagang berdasarkan
faktur pembelian.
5.
Bukti pencatatan
penjualan barang berdasarkan faktur penjualan.
C.
Pedoman Penilaian
a.
Essay à no 1 =10, no 2 = 10, no 3 = 10, n0 4 = 10, no 5 = 10
Jumlah skor semua :
50
Jumlah
skor x 10 = 100
5
Brebes,
8 Juli 2011
Guru
Mata Pelajaran
Selengkapnya dapat klik disini....